Uncategorized
Cara Memiliki Gaya Hidup Hemat

Cara Memiliki Gaya Hidup Hemat

Dewasa ini semakin mudah untuk mengakses toko Online dan menghamburkan uang kita di sana karena adanya barang lucu yang menarik hati untuk di beli. Bahkan terkadang barang yang kita tidak begitu butuhkan namun tampak lucu dan murah bisa langsung kita checkout tanpa memikirkan sebenarnya apa kegunaan dari benda itu.

Ini menjadi sebuah kebiasaan buruk yang sebaiknya kita hindari. Karena pada dasarnya, jika tidak begitu membutuhkannya kita bisa menyimpan uang untuk sesuatu yang mungkin lebih penting dari pada barang murah yang kita tidak begitu perlukan.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menghindari gaya hidup yang boros.

Tips Hindari Gara Hidup Boros

1.Pikirkan dengan matang ketika hendak membeli barang

Jika Anda melihat sesuatu barang murah, janganlah berpikir ‘Ah, mumpung lagi murah’ tapi berpikirlah ‘Apakah barang ini akan berguna untuk saya?’. Dengan berpikir demikian, Anda akan menimbang-nimbang kembali sebutuh apa Anda pada barang yang akan dibeli tersebut.

Jangan terlalu sering memanjakan diri dengan membeli barang yang sebenarnya tidak dibutuhkan tetapi hanya karena keinginan sementara yang nantinya barang tersebut tidak akan digunakan setelah didapatkan.

2.Bagi Tabungan Dalam 2 rekening

Jika Anda memiliki kebiasaan buruk tidak bisa menahan berbelanja ketika masih melihat sejumlah uang di dalam rekening Anda, lebih baik untuk memisahkan sejumlah uang yang diniatkan untuk ditabung pada rekening lain.

Cara ini akan membuat Anda lebih bisa menahan diri, mengingat uang pada tabungan yang lainnya untuk keperluan masa depan Anda.

3.Jangan Buatkan E-Banking pada Rekening untuk menabung Masa depan

E-banking adalah cara yang bisa mempermudah pengguna tabungan bank untuk mentransfer sejumlah uang hanya dengan menggunakan sebuah aplikasi yang ada pada ponsel Anda. Ini tentunya membuat kita mudah untuk bisa membeli barang-barang yang diinginkan.

Tetapi jika tidak menggunakan E-banking, pasti banyak orang yang malas untuk melangkahkan kaki mereka ke ATM hanya untuk membeli barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

4. Memilih Untuk Pergi Ke Tempat yang Terjangkau

Sering kali kita tidak bisa menahan diri dari ajakan teman-teman yang mengajak kita mengunjungi tempat-tempat hiburan yang cukup lumayan pengeluarannya. Lebih baik jika ingin hidup hemat, hindari ajakan tersebut dan pilih tempat hiburan yang lebih terjangkau.

Tetapi meski sedang hidup hemat, bukan berati kita menghindari untuk pergi ke tempat hiburan sama sekali. Karena kita sangat membutuhkan hiburan di dalam hidup kita agar tidak mudah untuk mengalami stress yang bisa menyebabkan kondisi tidak menguntungkan untuk diri kita dan orang lain.

5. Susun Daftar Kegiatan Selama 1 bulan

Dengan menyusun daftar kegiatan selama 1 bulan, ini akan sangat membantu untuk melihat seberapa besar pengeluaran normal yang mungkin dikeluarkan pada bulan tersebut.

Selain kegiatan yang biasa Anda lakukan, pastikan juga ada beberapa pengeluaran untuk kondisi darurat yang wajib Anda siapkan, seperti misalnya untuk membeli obat atau untuk ke dokter.

Tentukan juga menu apa yang ingin Anda konsumsi dalam 1 bulan itu, seperti makan makanan sederhana di hari senin-jumat, sedangkan di hari minggu bisa memilih makanan yang lebih baik untuk memuaskan diri.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan utnuk melakukan penghematan dalam gaya hidup Anda. Ingat, hemat dan pelit merupakan 2 hal yang berbeda, jadi pilihlah menajdi orang yang hemat agar masa depan Anda menajdi lebih terarah dan memiliki pegangan.