Uncategorized
Gaya Hidup Hedonisme

Gaya Hidup Hedonisme

Siapa yang tidak mengenal kata ‘Hedon’? Ini adalah kata yang kerap kali digunakan untuk mengacu pada orang-orang yang tidak bisa menahan nafsu belanja atau membeli barang-barang yang diinginkannya.

Ini juga biasanya dilontarkan kapada mereka yang suka membeli barang namun tidak memikirkan dampak kedepannya.

Hedonisme sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Yunani, yaitu Hedonismeos atau kata dasarnya Hedone. Hedone sendiri memiliki arti kesenangan, dan hedonismeon adalah cara pandang perihal orang yang suka mencari kesenangan dengan mencarinya sebanyak mungkin. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mencari kesenangan ini, dan salah satunya adalah memenuhi keinginan pribadi.

Kini makna dari hedonisme sangat mengacu pada mereka yang memiliki perilaku konsumtif dan memiliki dampak buruk untuk para penganutnya.

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan orang memiliki sifat ini, seperti sudah terbiasa dimanjakan orang tua, terpengaruh para influencer media sosial, bergaul dengan orang yang memiliki standar dengan hidup mewah, dan menjamurnya peminjaman uang mudah di masyarakat.

Meski demikian, sebenarnya ada loh sisi positif yang bisa didapatkan dari mereka yang memiliki gaya hidup hedon. Seperti misalnya mereka bisa merasakan kesenangan pribadi dan bisa mengubah prilaku untuk mendapatkan kesenangan.

Tapi tentunya kita tidak bisa juga mengenyampingkan sisi negatif dari hedonisme, seperti mereka menjadi berupaya menggapai kepuasannya dengan segala hal, melakukan pembenaran mengenai apa yang dilakukannya, sampai cenderung lebih egois.

Lalu bagaimanakah cara untuk bisa menghindari perilaku satu ini?

Tentu ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari perilaku hedonisme di tengah era saat ini. Mungkin cukup sulit untuk menghindarinya, karena kini anak-anak muda lebih memilih menghabiskan uang mereka dengan menongkrong di cafe, jajan, dan berbelanja online.

Pertama yang harus dilakukan jika ingin menghindari hal itu adalah buat daftar prioritas kebutuhan. Pastikan untuk menyusun daftar kebutuhan tersebut dengan menanamkan di dalam pikiran kalau ada hal yang lebih penting dari keinginan Anda. Berusahalah untuk bisa menjalankan prioritas tersebut agar bisa lebih mudah dalam menahan nafsu membeli barang diluar kebutuhan Anda.

Menabung juga harus dilakukan, sisihkanlah beberapa dari uang Anda untuk menabung atau melakukan investasi. Dengan berinvestasi pun membuat Anda lebih mudah dalam menahan hawa nafsu dalam berbelanja, karena uang Anda tidak lagi dalam bentuk fisik.

Buat juga anggaran keuangan yang bisa membuat Anda melihat seberapa besar uang dari penghasilan Anda yang bisa dibelanjakan. Bagilah gaji Anda menjadi su-sub tertentu agar bisa digunakan sesuai dengan proporsinya/

Kartu kredit adalah media pembayaran yang bisa Anda gunakan untuk membeli segala hal dengan cicilan yang mudah. Sebabnya banyak orang yang sangat tergiur untuk menggunakan kartu kreditnya. Padahal, penggunaan kartu kredit ini sama saja dengan kita berhutang.

Lebih baik gunakan uang yang kita miliki untuk bersedekah agar bisa hindari perilaku hedon. Dengan demikian bisa juga membantu Anda dalam berpikir kalau ada banyak orang yang hidupnya lebih menderita dari pada kita. Dengan demikian bisa membantu kita dalam mengurangi perilaku satu ini.

Bagi Anda yang masih bertahan dari perilaku hedon, pertahankanlah. Karena sekalinya sudah terbiasa membeli barang-barang yang diinginkan dan bukan dibutuhkan, karena sekalinya terbiasa membiarkan diri untuk membuaskan hasrat tersebut, akan sulit untuk menghentikannya.

Jadi setelah membaca artikel ini, apakah Anda masih tertarik melanjutkan hidup hedon Anda?