Lifestyle
Makanan Pokok Pengganti Beras yang Juga Bergizi

Makanan Pokok Pengganti Beras yang Juga Bergizi

Manusia membutuhkan makanan pokok untuk dijadikan sumber energi utama yang bisa memenuhi kebutuhan pangan harian. Di Indonesia sendiri, sebagian besar masyarakatnya memilih nasi untuk menjadi makanan pokok, bahkan makan akan terasa kurang jika belum memakan nasi.

Tetapi bagi mereka yang berusaha menurunkan berat badan, biasanya akan memilih menghindari nasi dan mencoba untuk memakan makanan pokok yang lain. Itu karena memiliki kandungan yang membuat tubuh menumpuk gula dan lemak.

Berikut ini adalah beberapa makanan pokok yang bisa dikonsumsi untuk mengganti nasi.

Makanan Pokok Pengganti Nasi

1.Jagung

Jagung adalah makanan pokok yang cukup populer di Indonesia selain nasi. Banyak kandungan yang bisa kita dapatkan dari jagung, seperi zat besi, protein, karbohidrat, fostor, dan kalsium.

Jagung sendiri sudah menjadi makanan umum yang dikonsumsi sehari-hari di Madura, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi, sampai Jawa Tengah. Di sana biasanya jangung lebih sering untuk dimodifikasi menjadi kue atau nasi jagung.

Bukan hanya menjadi makanan pokok saja, ternyata banyak masyarakat yang memanfaatkan jagung untuk menjadi alkohol murni yang biasa disebut dengan Ethanol.

2.Sagu

Pernahkah melihat makanan pokok yang umum ada di Papua dan Maluku? Nah, sagu adalah salah satu makanan yang bisa menjadi pengganti makanan pokok.

Sagu sendiri merupakan hasil dari pohon sagu yang diambil dari sari pati. Jika merupakan penderita diabetes, Anda akan sangat cocok untuk konsumsi makanan ini. Karena Sagu memiliki Indeks Gilkemik yang rendah.

3.Singkong

Di Indonesia, Singkong sudah umum dikonsumsi. Banyak olahan yang menjadikan Singkong sebagai bahan bakunya, seperti keripik singkong, singkong rebus, singkong goreng, dan masih banyak lainnya.

Singkong sendiri merupakan jenis umbi-umbian yang memiliki kadar karbohidrat yang tinggi. Untuk kamu yang sedang diet, singkong bisa menjadi opsi karena tidak ada kandungan lemak dan juga kolestrol.

4.Ubi Jalar

Untuk Anda yang ingin mengganti nasi demi menghindari gula, bisa coba konsumsi ubi jalar. Banyak masyarakat Papua dan Maluku yang mengkonsumsi uni jenis ini.

Di daerah Papua, biasanya yang mengkonsumsi ubi adalah yang tinggal di Papua dan Maluku. Ubi jalar biasanya diolah dengan cara dibakar dengan menggunakan batu yang khas.

Ada banyak kandungan yang berada pada ubi jalan, seperti vitamin A, magnesium, dan juga zat yang bisa menguatkan kinerja dari jantung dan juga tulang.

5. Kentang

Makanan pokok terakhir yang kami rekomendasikan untuk menggantikan konsumsi nasi Anda adalah Kentang. Selain lebih sehat dibandingkan dengan nasi, nyatanya kentang juga memiliki rasa yang lebih enak dengan kandungan vitamin dan nutrisinya yang lebih banyak.

Awalnya kentang adalah sayuran yang tumbuh pada pegunungan Andes, lalu Spanyol mengenalkan sayuran ini kepada sejumlah negara yang ada di Eropa di abad ke 16.

Sampai saat ini, masyarakat Eropa mulai untuk meninggalkan makanan dengan tekstur tepung.

Nah, itulah beberapa makanan pokok yang bisa menggantikan nasi. Jika Anda ingin mengkonsumsi makanan yang ada di atas sebaiknya kombinasikan dengan makanan lain, seperti misalnya lauk dan pauk. Ini agar Anda tetap bisa mengkonsumsi makanan yang bergizi. Bisa juga dipadukan dengan bumbu yang rendah akan kalori, seperti misahnya bawang putih dan minyak zaitun.

Semoga artikel ini dapat membuat gaya hidup Anda menjadi lebih sehat, sehingga Anda bisa menikmati kehidupan Anda dengan terhindar dari sakit.